Perkebunan Nanas Hawaii

Posted by


Pekebunan nanas merangkap taman wisata ini menampilkan teka - teki raksasa yang bisa menyesatkan siapa saja. Kepulauan Hawaii ternyata tak cuma menawarkan eksotisme pantai. Kepulauan yang disebut-sebut surga tropis oleh turis mancanegara ini diam - diam punya labirin raksasa yang siap menyesatkan siapa saja.

Di kota Wahiawa, terdapat Dole Plantation yang memuat salah satu taman labirin terbesar di dunia. Dole Plantation pada dasarnya adalah perkebunan nanas. Namun salah satu bagian perkebunan ini diubah menjadi taman labirin.

Dilaporkan situs Atlas Obscura, Dole Plantation Maze dibuka pada tahun 1998. Labirin ini dibuat dari ribuan tanaman yang berasal dari seluruh Hawaii. Tak seperti taman labirin lain yang umumnya hanya memiliki satu jalan keluar, labirin di Perkebunan Dole memiliki banyak rute jalan keluar. Sementara bagian tengahnya membentuk labirin lebih kecil yang polanya berbentuk nanas raksasa.

Labirin di sini dirancang sebagai sebuah permainan dengan delapan titik yang akan didatangi setiap pengunjung dan kebun nanas sebagai pusat labirin. Sebagian besar pengunjung membutuhkan waktu sekitar satu jam untuk menemukan jalan keluar.

Rekor tercepat yang pernah dicatat adalah tujuh menit. Waktu tercepat yang ditempuh pengunjung untuk keluar dari labirin akan dicantumkan pada papan di pintu masuk.

Dengan luas lahan mencapai dua hektar menjadikan labirin ini sempat memegang rekor Guinness sebagai labirin tanaman terbesar di dunia. Pada tahun 2007 perkebunan nanas Dole melakukan perluasan lahan untuk mempertahankan gelarnya sebagai labirin tanaman di dunia. Dan sekarang labirin Perkebunan Dole menampilkan lebih dari 14.000 tanaman.

Penasaran ingin mengunjungi taman labirin ini ? Kalau Anda berkesempatan liburan di Hawaii, datang saja ke Dole Plantation pada pukul 09.30 hingga pukul 17.00.


Blog, Updated at: 23.52

1 comments: