Dua Komet Akan Terbang Melewati Bumi

Posted by

Dua komet yang aman dan tidak berbahaya akan terbang melewati Bumi pada akhir bulan ini, mungkin memiliki lebih banyak kesamaan daripada hanya sekedar orbit mereka dan diperkirakan mereka mungkin kembar atau mirip.

Komet P / 2016 BA14 ditemukan atau diketahui pada 22 Januari, 2016, oleh University of Hawaii Pan STARRS teleskop di Haleakala, di pulau Maui. komet tersebut awalnya dianggap sebuah asteroid, tetapi pengamatan tindak lanjut oleh University of Maryland dan tim Lowell Observatory dengan Discovery Channel Telescope menunjukkan ekor yang samar, dan mengungkapkan bahwa penemuan itu pada kenyataannya adalah sebuah komet. 

Orbit komet ini baru ditemukan, dan didapatkan sebuah penemuan yang mengejukan lagi bahwa Komet P / 2016 BA14 berikut orbit luar nya mirip dengan komet 252P / LINEAR, yang ditemukan oleh Massachusetts Institute of survei Technology Lincoln Near Earth Asteroid Research (LINEAR) pada 7 April, 2000. kebetulan jelas bisa menjadi indikasi dari alam kembar dalam komet itu. P / 2016 BA14 kira-kira setengah ukuran komet 252P / LINEAR dan mungkin sebuah fragmen dari komet yang lebih besar di masa lalu.

"Comet P / 2016 BA14 mungkin adalah fragmen 252P / LINEAR. Keduanya bisa memiliki hubungan atau saling terkait karena orbitnya begitu sangat mirip," kata Paul Chodas, manajer NASA Pusat Studi NEO (CNEOS) di Laboratorium Jet Propulsion di Pasadena , California. "Kita tahu komet adalah hal yang relatif rapuh, seperti pada tahun 1993 ketika komet Shoemaker-Levy 9 ditemukan dan potongannya terkait dengan sesuatu yang terbang lintas dari Jupiter. 

Observations made by the Hubble Space Telescope of comet 252P/LINEAR, and by NASA's Infrared Telescope Facility of comet P/2016 BA14 will further investigate their possible twin nature.

Informasi selengkapnya dan sebenarnya lihat situs nasa.gov dan blog nasa http://neo.jpl.nasa.gov/


Blog, Updated at: 11.12

0 comments:

Posting Komentar