Batu Luar Angkasa

Posted by

Di alam semesta ini, fenomena batu memang menarik untuk dikupas. Entah itu di bumi atau luar angkasa, keberadaan batu sangat melimpah.

Di bumi, orang mengenal banyak jenis batu mulia. Emas misalnya. Di luar angkasa, batu-batu ‘liar’ pun sering jatuh menghujam bumi sebagai benda asing.

Menurut Wikipedia, batu luar angkasa (meteor) yang berhasil mencapai permukaan Planet Bumi disebut meteroit.

Tahun 2000 silam, di Fukang, Provinsi Xinjiang, Tiongkok, seorang pedagang menemukan batu meteroit di sebuah pegunungan. Batu meteroit ini dinamai Pallasite Fukang sesuai nama lokasi ditemukannya.

Dikutip dari situs ZME Science, Pallasite adalah adalah jenis meteorit besi yang keberadaannya sangat langka. Pallasite terbentuk dari kristal olivin besar dalam matriks besi-nikel.

Tak heran, jika dilihat dari muasal zat pembentuknya, Pallasite memang memiliki penampakan yang indah. Pallasite terlihat berkilau menakjubkan. Sedangkan Olivin (salah satu zat pembentuk Pallasite) adalah sejenis magnesium silikat besi.

Nah, untuk mengetahui detail wujud Pallasite, Pembaca bisa melihat video di atas. Video ini mengudara di YouTube pada 9 April 2013 silam.

Sekedar intermezzo, untung Pallasite ini jatuh di Fukang, Tiongkok. Seandainya jatuh di Indonesia, pasti batu luar angkasa ini akan diolah jadi kerajinan batu akik.


Blog, Updated at: 08.41

0 comments:

Posting Komentar